Minggu, 04 Desember 2016

CARA BUAT IDCARD SISTEM INSTAN

CARA BUAT IDCARD INSTAN


ID Card (Kartu Identitas) yang saya maksud bukanlah seperti kartu ATM atau yang biasa pake sistem magnetik. Untuk membuat idcard dengan magnetik harus menggunakan idcard sistem press atau oven.

ID Card disini menggunakan bahan idcard instans, yang dalam pembuatannya tidak memerlukan waktu yang lama seperti idcard sistim press atau oven.

idcard banyak dipakai untuk : Identitas Siswa/Mahasiswa, Kartu Parkir, Kartu Diskon dan sebagainya, dimana kesemuanya dilakukan/ dicetak memakai printer yang biasa dipakai untuk print foto / printer Ink Jet System.

Idcard ini cocok dipakai untuk acara atau event yang hanya sekali pakai, karena idcard ini apabila di print dengan printer biasa hasilnya akan mudah luntur dan cepat memudar Untuk hasil maksimal disarankan menggunakan printer laser colour
 
Mencetak ID Card tidaklah terlalu sulit. Peralatan yang diperlukan diantaranya: 
(1) Komputer -tentu donk-
(2).Printer (disarankan Epson seri L atau R)
(3).Mesin Laminating,
 (4).Mesin potong ID Card. 
(5).Bahan ID Card Instan (PVC)

Teknis membuatnya:

1. Buat desain (biasanya di CorelDraw), dengan ukuran jadi 8.6cm x 5.4cm, berarti ukuran desain harus dilebihkan sedikit (kira2 tiap sisinya 3mm -untuk area potong-).

2. Print. Setelah selesai dibuat, lakukan print (seperti melakukan print biasanya). Pada saat di Print Preview, pilih opsi Mirror -simbolnya h huruf ‘E’-)


3. Lalu cetak bahan idcard yang tidak mengandung lapisan dengan dimirror agar nanti pas pemotongan idcard hasilnya terbaca, karena untuk cetakan atau tinta yang menempel ada dibagian dalam overlaynya.

4. Setelah idcard nya tercetak lalu potonglah di bagian tengah idcard setengah putus, lalu lipat bagian tengah sehingga ketemu bagian depan dan belakang.

5. Potong setengah bagian kertas tebal pvc mengikuti lembaran tipis hasil yang sudah dilipat lalu Copot lapisan plastik yang ada di lembaran tebal dan pasang yang sudah hasil yang sudah diprint dengan bagian tebal dibagian tengah bahan.

6. Siapkan laminating (mesin laminating KTP) bersuhu 150 derajat c jangan sampai terlalu panas, karena apabila terlalu panas bahan idcard akan meleleh.
mesin laminating idcard 
7. Masukan bahan yang telah disatukan lalu pres bahan tersebut lalu press setelah suhu naik 150derajat c

8.Idcard anda siap dipotong menggunakan pemotong khusus untuk idcard.

pemotong idcard
Abemedia mengerjakan idcard dengan sistem Instan maupun Sistem Press atau oven.
Untuk ketahanan idcard yang dibuat abemedia sama2 bagus namun untuk hasil idcard sistem press atau oven hasilnya lebih maksimal.

Hubungi kami untuk pembuatan idcard anda.

Abdullah
Telp. 085320878399 (WhatsApp) 

bb. 5c8850bb email :abemediaprint@yahoo.com 
Atau datang langsung ke workshop kami di :
Jl. Pepaya raya rt.003/05, Jagakarsa Jakarta Selatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar